Tuesday 3 March 2015

Asal-Usul Nama Sukarno Diambil dari Tokoh Mahabharata

Banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui asal-usul nama Soekarno. Ketika kecil Soekarno tak menunjukkan glagat sebagai "Orator Ulung". Masa kecil Soekarno tak terlepas dari kisah pewayangan Jawa. Pada tahun 1901, awalnya Soekarno diberi nama Kusno, namun karena lemah dan sakit-sakitan di usia 5 tahun namanya diubah menjadi Soekarno yang diambil dari panglima perang dalam kisah Mahabharata yaitu Karno/ Karna. dan dengan nama itulah menjadi Doa yang terwujud.

Seperti dalam dikisahkan Mahabharata, ketika Dewi Kunti (sebelum menjadi Ibu Pandawa) sedang bermain di dalam taman. Dewi Kunti mencoba mantra/ doa yang telah ia dapatkan dari Rsi Durvasa, Dewi Kunti memfokuskan mantra tersebut pada Matahari sehingga muncullah Dewa Surya dihadapannya. Dewi Kunti diberi anak oleh Dewa Surya, namun karena tidak mau memiliki seorang anak sebelum menikah dan menjaga kehormatan ayahnya, Dewi Kunti lalu membuang anaknya yang bernamaa Karna di pinggir sungai.

Rincian Nama Soekarno
Bapak Soekarno berharap agar Soekarno menjadi seorang patriot, pahlawan besar bagi rakyatnya, dan menjadi Karna kedua. Dalam bahasa Jawa huruf A menjadi O. Awalan “Su” berasal dari kata Subha yang artinya "baik" atau paling baik. Jadi nama Sukarno berarti pahlawan yang paling baik.

Asal-Usul Nama Sukarno Diambil dari Tokoh Mahabharata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Posted by Maha Yuge
Maha Yuge Updated at: 18:18

0 komentar:

Post a Comment