Friday 2 October 2015

PERBEDAAN AMAL DAN PERBUATAN

"OM Tat Sad"
Pernahkah terpikirkan pertanyaan-pertanyaan dibenak anda tentang judul di atas? apakah itu amal dan apa itu perbuatan? Keduanya memang saling berhubungan erat satu sama lain tetapi memiliki makna yang berbeda. Mari kita bahas perbedaan keduanya berikut ini.


AMAL
Semua amal adalah perbuatan, tetapi tidak semua perbuatan adalah amal. Lalu apa maksudnya? Amal adalah suatu perbuatan yang hasilnya sangat diharapkan oleh si pelaku. Setiap orang yang melakukan suatu kebaikan, mereka pasti juga berharap untuk mendapatkan hasil yang serupa di masa mendatang. Amal itu seperti diibaratkan seseorang yang memberikan sumbangan uang kepada orang lain dan berharap agar dirinya dipermudahkan dalam mencari rejeki. Apakah anda seperti itu?

Tapi, apakah benar hasil dari suatu amal akan selalu sama? Hmmm.... manusia hanya memiliki hak untuk melakukan suatu perbuatan. Tetapi manusia tidak memiliki hak untuk menentukan hasil dari perbuatan itu. Artinya, hanya "Kehendaklah" yang memiliki hak untuk menentukan hasil dari perbuatan manusia. Bukankah itu masuk akal?

PERBUATAN
Perbuatan adalah segala bentuk keinginan yang datang atas dasar alasan tertentu. Terkadang keinginan itu muncul dari hati dan juga pikiran. Oleh sebab itu, sangatlah penting sebelum melakukan suatu perbuatan, hendaknya manusia selalu mempertimbangkan dengan hati dan juga pikiran. Lalu apakah perbuatan sama dengan tindakan? Tindakan itu sendiri, merupakan suatu implementasi dari suatu perbuatan. Artinya, dasar dari suatu tindakan adalah perbuatan itu sendiri. Benarkah seperti itu? coba anda renungkan.

HUBUNGAN AMAL DAN PERBUATAN
Mereka yang selalu melakukan perbuatan amal dan mengharapkan hasil dari perbuatan atau tindakan yang dilakukannya disebut "Sakam Karma Yoga". Sedangkan Manusia yang selalu melakukan perbuatan maupun tindakan dan tidak memikirkan hasilnya, maka disebut "Nishkam Karma Yoga". Hal ini sama seperti diibaratkan ketika anda memberikan bunga kepada kekasih yang sangat anda sayangi. Dua perbedaan Sakam & Nishkam inilah yang menjadi alasan manusia dilahirkan secara berulang-ulang kali. Pada dasarnya manusia sama sekali tidak terikat oleh semua amal, tetapi harapan yang terhubung dengan amalnya-lah yang mengikatnya. Begitukah?

Mohon Bimbingannya.

PERBEDAAN AMAL DAN PERBUATAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Posted by Maha Yuge
Maha Yuge Updated at: 00:07

0 komentar:

Post a Comment