Monday 24 November 2014

Ringkasan Brahmapurana Part 5

Astronomi
Di alam semesta ini terdapat 14 wilayah (loka). 7 dari wilayah ini terdapat di bawah bumi dan secara kolektif disebut sebagai dunia bawah (patala). Bumi (bhuloka atau prtivi) memiliki luas kira-kira 50 juta yojana. Dan juga tedapat 6 wilayah di atas bumi.

Tenggorokan Siva yang berwarna biru
Bertahun-tahun yang lalu, Rsi Vasistha bertemu dengan dewa Kartikeya. Dia ingin tahu kenapa tenggorokan Siva berwarna biru. Pembicaraan itu terjadi di gunung kailasa. Parvati juga ingin tahu kenapa tenggorokan Siva berwarna biru dan Siva pun menceritakan paa Parvati. Ternyata tenggorokan Siva berwrna biru karena Siva menelan air laut yang beracun sehigga menyebabkan tenggorokannya menjadi biru.

Vasu
Uparicara vasu telah belajar teknik tentang melakukan yajna dari Uttanapada. Uparicara vasu juga merupakan teman indra dan dia berpihak pada para dewa. Dia mengatakan bahwa kekerasan diijinkan kalau untuk yajna. Para orang suci merasa bahwa mereka telah dibohongi. Mereka mengutuk vasu untuk masuk ke bumi dan tinggal di dunia bawah.

Kali yuga
Kali yuga adalah yang terakhir dari keempat jaman, dimana kejahatan merajalela. Jaman ini adalah saat kebenaran mengalami kemrosotan. Binatang buas merajalela dan ternak-ternak hidup menderita. Para Brahmama juga menjdi jahat dan mereka berhenti mampelajari veda dan melakukan yajna.

Vedavyasa dan muridnya
Krsna dvapayana membagi weda dan menulis cerita-cerita purana. Dia memiliki 5 orang murid yang sangat terkenal. Nama-nama muridnya dan veda yng diajarkan antara lain : Rg veda diajarkan pada Paila, Yajur veda diajarkan pada Vaisampayana, Sama veda diajarkan pada Jaimini, Atharwa veda diajarkan pada Sumantu, Itihasa diajarkan pada Lomaharsana.

Yajnavalkya
Para Rsi lain sangat marah dengan perkataan Yajnavalkya. Mereka merasa telah dilecehkan. Mereka menantang Yajnavalkya. Yajnavalkya mmpelajari veda dari Rsi Vaisampayana. Kemudian Yajnavalkaya berdoa pada dewa Surya. Dia menyenangkan hati dewa Surya dan mendapatkan ajaran Veda darinya.

Manvantara
Manvantara adalah suat era atau jaman yang diperintah oleh Manu. Nama Indra akan berubah-ubah dari satu Manvantara ke Manvantara yang lain. Nama para Dewa dan 7 Rsi (sapta Rsi) juga berubah.

Prthu
Jaman dahulu ada seorang ralja yang bernama raja Anga dan istrinya yang bernama Sunitha. Ayah Sunitha bernana Mrthu dan ia sangatlah jahat. Anga dan Sunitha anak yang bernama Vena. Suatu saat para orang suci meremas tangan vena. Kemudian Prthu muncul. Prhu berati gemuk dan mahkluk yang kerluar dari tangan Vena diberi nama Prthu karena mahkluk ini keluar dari tangan Vena yang gemuk.

Epilog
Para Rsi itu tak ada yang bertanya. Mereka berterima kasih pada Lomaharsana karena sudah bersedia bercerita dan merekapun pergi.
 

Ringkasan Brahmapurana Part 5 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Posted by Maha Yuge
Maha Yuge Updated at: 13:54

0 komentar:

Post a Comment