Tuesday 4 November 2014

Apakah Itu Purana? Mengapa Tidak Begitu Tenar


Pura + ana (pura = kuno,ana = mengatakan) jadi artinya Purana = ceritra kuno. (Titib.13). Yaksa – kitab Niruktanya (III.19) menyata kan pura navam bhavati = sesuatu yang baru di masa silam.

Dari kata purana yang berarti sangat kuno menjadi berubah maknanya menjadi kitab-kitab karya sastra yang mengandung  mithos atau legenda kuno.

Secara etimologi istilah purana dijumpai dalam kitab Vayu Purana (I.203) berasal dari kata pura = Pada masa purba/terdahulu. Dan dari kata an = bernafas atau hidup.

Maksudnya adalah mereka yang hidup dari jaman purba (yasmatpura hyanatidam puranamtena tatsmertam).

Menurut panini kata purana kata pura (purasmin kale) = yang telah ada di masa yang lalu. Matsya purana (53.63) menggambarkan bahwa purana mengandung catatan kejadian masa yang silam. Matsya purana I.203 menyatakan purana berasal dari kata :
 a. pura nyate
 b. pura anati
 c. pura bhavam

Asalnya istilah purana mengandung makna hikayat atau cerita purba yang terdapat dalam susastra brahmana (Titib.14). Rangacarya menyatakan pura = lama dan nava = baru. Jadi Puranava = segala sesuatu tradisi lama yang baik selalu menarik untuk diceritakan kembali. (Up to date).

Apakah Itu Purana? Mengapa Tidak Begitu Tenar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Posted by Maha Yuge
Maha Yuge Updated at: 14:49

0 komentar:

Post a Comment