Tuesday 4 November 2014

Ini Alasan Mengapa Hindu Menjadi Minoritas


Faktor Internal Meliputi:
1. Aspek Pendidikan
Kurangnya pengetahuan yang mendalam tentang ajaran Hindu dikarenakan kurangnya penyuluhan dari tokoh-tokoh Hindu dan kurangnya penyebaran buku-buku atau kitab suci kedaerah-daerah politik.
2. Pandangan dari umat Hindu saat melakukan ritual agama lebih sulit dari agama lain termasuk biaya upacara yang lebih mahal.
3. Umat Hindu meyakini bahwa dasar ajaran Hindu untuk tidak memaksakan keyakinan Hindu kepada non-Hindu.
4. Pernikahan umat Hindu dengan beda agama cenderung agama Hindu mengikuti agama lain karena pandangan umumnya agama lain lebih mudah untuk dilaksanakan.
5. Umat Hindu sangat mentolerir masuknya agama non Hindu dilingkungan Hindu sehingga membuka peluang agama non-Hindu memperluas keyakinannya.

Faktor Eksternal Meliputi:
1. Runtuhnya kerajaan-kerajaan Hindu oleh penjajah dari bangsa-bangsa lain yang non-Hindu, dengan cara paksa atau perang.
2. Karena keinginan dari raja-raja Hindu untuk memperluas kerajaan yang menimbulkan peperangan antara kerajaan Hindu sehingga menyebabkan runtuhnya kerajaan Hindu.
3. Banyaknya pedagang non-Hindu dari Negara lain yang masuk ke Nusantara dan menguasai ekonomi perdagangan sembarimenyebarkan agama non Hindu yang pada ahirnya membuat agama Hindu terdesak (menjadi minority).
4. System kasta kerajaan Hindu yang membuat rakyatnya tertekan sehingga mudah dipengaruhi oleh ajaran ajaran lain dari Negara lain untuk memberontak dan ahirnya mengikuti ajaran non-Hindu tersebut.
5. Budaya Hindu di Indonesia sangat gampang dimanipulasi oleh budaya non-Hindu dari Negara lain sehingga umat Hindu dapat cepat dipengaruhi, seperti gereja atau masjid dengan arsitek Hindu.

Ini Alasan Mengapa Hindu Menjadi Minoritas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Posted by Maha Yuge
Maha Yuge Updated at: 12:20

0 komentar:

Post a Comment