Wednesday 5 November 2014

Kedudukan dan Hubungan Serta Sumber Hukum Purana


Kedudukan Purana Dalam Susastra Hindu: Dalam Ch.up. 7.1.4 dan Bhg.prn.1.4.20: itihasa-puranah pancamah vedanam vedah = itihasa dan purana termasuk veda ke lima.
Dalam mahabharata bag moksa dharma: itihasa purana ca pancamaveda ucyate = itihasa dan purana disebut veda ke lima.
berdasarkan keterangan tersebut jelas bahwa terdapat hubungan yang tidak terpisahkan antara kitab suci veda dengan kitab purana.

Hubungan Purana Dengan Susastra Hindu: Dalam Nyaya Sutra Bhasya karya Vatsyayana mengelompokan eksistensi Veda dan susastra hindu:
  1. kitab suci veda yang di dalamnya terdapat mantra-mantra untuk pelaksanaan upacara yajna dan aturan untuk hal tersebut.
  2. kitab-kitab itihasa dan purana yang menguraikan tentang sejarah dunia dan umat manusia.
  3. kitab-kitab dharmasastra untuk membedakan punia (kebajikan), papa (penderitaan) di dunia ini.
Melihat posisi kitab-kitab purana seperti yang dipaparkan dan sejajar dengan kitab smrti, maka jelaslah purana mendapat aliran dari pemikiran Veda. mengingat posisi kitab purana dengan kitab dharmasastra sangat dekat maka kitab tersebut saling pengaruh mempengaruhi satu dengan yang lain. 

Kedudukan Purana Sebagai Sumber Hukum Hindu: Agni Purana (253.13-30) Salah satu contoh Ketentuan tentang perkara hukum seperti: Pelangaran perjanjian, hutang piutang, persekutuan, pengaturan ttg pemberian (hibah), pelayanan, upah, penadah, perdagangan, aturan sekte, pertanahan, kriminal, penghinaan, perkosaan, perjudian, manusa saksi, bukti fisik, dewa saksi (sumpah).

Di samping Agni Purana Purana yang mengandung aturan hukum Hindu adalah Mastsya, visnu, vayu, Bhasya, Garuda dll

Bedasarkan pejelasan tersebut maka jelas bagi kita Purana dapat dijadikan acuan terhadap hukum Hindu.

Mentaati hukum Hindu melalui Purana seperti meneladani orang-orang suci dan tradisi yang hidup pada jaman itu, masih baik untuk jaman kini, seperti Agnihotra, Homayajna.

Kedudukan dan Hubungan Serta Sumber Hukum Purana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Posted by Maha Yuge
Maha Yuge Updated at: 13:36

0 komentar:

Post a Comment