Thursday 15 January 2015

29. Dharma (Bhagavata Purana)

Terdapat 4 golongan dengan tugasnya masing-masing, Brahmana; mereka yang mempelajari & melaksanakan perintah Veda. Para Ksatriya; pelindung dunia. Vaisya; mereka yang bertani dan berdagang. Sudra; mereka yang melayani ketiga warna diatas. Ada juga catur asrama (4 tahap kehidupan) yaitu Brahmacarya (menuntut ilmu), Grhastha (berumah tangga), Vanaphrasta (pelahjari spiritual, tinggal di hutan), Sannyasa (jadi pertapa).

30.  Manvantara
Manvantara adalah sebuah era, setiap 14 manvantara membentuk satu kalpa. Alam semesta akan dihancurkan setiap satu kalpa. Setiap Manvantara dipimpin setiap Manu yang memilki gelar Indra.Sekarang ini 6 Manvantara telah berlalu dan beralih ke 7 yaitu Sraddadewa. Setiap Manvantara, Manu bertanggung jawab menegakkan dharma, catur waran dan catur asrama.

31.  Cerita Tentang Sang Gajah
Ada sebuah pegunungan yang indah bernama Trikuta.Di hutan itu, tinggallah raja Gajah yang menguasai semua binatang.Suatu hari Gajah pergi ke telaga yang ada Buaya.Sang gajah digigit oleh Buaya dan terjadi pertarungan hingga seribu tahun. Ahirnya sang Gajah lelah dan berdoa pada Visnu. Kemudian Visnu berkenan dan muncul lalu memotong kepala Buaya dengan Sudharsana Cakra. Buaya sebenarnya seorang Gandharva bernama Huhu yang dikutuk oleh Rsi menjadi Buaya dan akan dibebaskan oleh Visnu. Sedangkan sang Gajah sebenarnya adalah raja Indradyumna yang dikutuk oleh seorang Rsi menjadi seekor Gajah.

32. Pengadukan Samudra Maha Luas
Pengadukan samudra luas dilautan susu untuk mendapatkan tirtha Amerta (air suci keabadian) melibatkan kerjasama para Dewa dan para Raksasa.Hpertama keluar adalah racun ganas bernama Halahala.Dewa Siva meminumnya untuk menyelamatkan dunia hingga lehernya berwrna biru.Tetapi sedikit dari racunnya jatuh ke bumi dan membuat racun pada kalajengking dan tanaman beracun.

Selanjutnya keluar sapi Khamadenu bernama Surabhi, sapi ini bias mengabulkan semua keinginan. Dan banyak lagi yang keluar.Pada ahirnya keluarlah Dewi Dhanvantari yang membawa tirta Amertha.Dengan cepat asura merampasnya, Visnu menjelma menjadi Mohini (wanita cantik yang menggoda) dan mengadu domba para Asura.Namun asura bernama Rahu menyamar lalu duduk dekat para Dewa dan berhasil mendapatkan Amerta.Visnu lalu memotong kepalanya.Karena kepala itu telah menyentuh Amerta ahirnya menjadi abadi.Brahma lalu mengubah kepala itu menjadi planet.Asura lainnya merasa ditipu dan meyerang para Dewa.Karena para Dewa telah meminum Amerta, para Asura tidak dapat mengalahkannya.

29. Dharma (Bhagavata Purana) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Posted by Maha Yuge
Maha Yuge Updated at: 15:27

2 komentar:

  1. Jangan memakai istikah KASTA, krn cenderung menyesatkan. Pakai saja Istilah WARNA spt yg tercantum dalam Kitab suci Agama Hindu.

    ReplyDelete
  2. Suksme Bli atas masukkannya. Mohon sarannya lagi Bli jika ada kata-kata pada artikel yang saya posting terdapat kesalahan..

    ReplyDelete